ideseya Berbagi ilmu berbagi kebaikan

Bayar Pajak Kendaraan di Gerai Samsat Tangcity Tangerang

1 min read

Bagi pemilik kendaraan Plat B Tangerang yang berdomisili di Tangerang Raya, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan sekarang dapat membayar pajak kendaraan bermotor dan memperpanjang STNK di Gerai Samsat Tangcity.  Gerai Samsat Tangcity terdapat di lantai 2 tepat di area Rame-Rame Food Carnival.  Mall Tangcity cukup mudah diakses , terletak di Cikokol Tangerang sehingga memudahkan pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraannya sambil berwisata belanja. Sebuah inovasi pelayanan publik  yang patut diapresiasi. Beberapa kota pun sudah mempunyai gerai samsat yang terletak di pusat-pusat perbelanjaan.

Pelayanan pajak dan perpanjangan STNK kendaraan bermotor ini dilaksanakan oleh petugas gabungan yang terdiri dari petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja dan Bank Banten dengan menggunakan aplikasi yang terintegrasi secara online. Gerai samsat yang diresmikan pada tanggal 8 Januari 2019 ini buka mulai jam 10.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Untuk dapat membayar pajak dan memperpanjang STNK di Gerai Samsat Tangcity cukup mudah  dan cepat.

Persyaratan yang harus dibawa adalah e-KTP asli, STNK asli, SKPD asli dan BPKB asli atau keterangan dari leasing. Keterangan dari leasing diperlukan sebagai pengganti BPKB asli apabila kendaraannya masih dalam masa kredit atau dijaminkan. Tidak perlu dokumen foto kopi karena petugas akan membuat fotokopinya. Tetapi untuk lebih mempercepat proses pelayanan akan lebih baik bila kita telah menyiapkan fotokopi dokumen-dokumen tersebut rangkap 1.

Caranya cukup mudah. Tinggal datang saja ke Gerai Samsat Tangcity dengan membawa persyaratan di atas. Ketika dating maka langsung mendatangi loket pendaftaran. Petugas akan memverifikasi dokumen persyaratan yang diperlukan kemudian memfotokopi dokumen-dokumen tersebut. Setelah selesai maka selanjutnya bergeser ke loket sebelahnya untuk melakukan pembayaran pajak. Petugas akan menyebutkan besaran pajak yang harus kita bayarkan. Setelah selesai melakukan pembayaran maka petugas akan mencetak SKPD (Surat Keterangan Pajak Daerah) dan melakukan pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Petugas juga akan memberikan sampul plastik untuk STNK dan SKPD secara gratis.
Proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan dan perpanjangan STNK ini cukup cepat. Apabila persyaratan lengkap, proses pelayanan hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit saja. Tetapi apabila antrian cukup banyak mungkin waktu tunggu akan lebih lama karena harus menunggu giliran.

Selain Gerai Samsat, juga terdapat Gerai SIM yang melayani perpanjangan SIM bagi masyarakat seluruh Indonesia. Perpanjangan SIM cukup cepat apabila persyaratan yang diperlukan sudah lengkap, yaitu fotokopi SIM A atau C yang masih berlaku dan surat keterangan sehat.

Tentu dengan mendekatkan kedua pelayanan ini kepada masyarakat, terutama di pusat-pusat kunjungan akan mempermudah masyarakat dan juga membuka peluang bagi pemerintah daerah untuk mencapai target pendapat dari sektor pajak.
ideseya
ideseya Berbagi ilmu berbagi kebaikan

Kode Remot TV Polytron + Cara Settingnya (Dijamin Work)

www.polytron.co.id Siapa yang nggak tahu Polytron? Merk ini termasuk ‘pemain lama’ bidang elektronik, utamanya speaker, TV, HP dan masih banyak lagi. Sekilas, mungkin Anda...
Avatar Marfudinz
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap