(+Gambar) Ini Dia 30+ Ikan Yang Cocok Untuk Aquascape Anda

9 min read

Ikan Aquascape



Ikan Aquascape – Definisi Aquascape adalah sebuah hobi menanam dan memelihara tanaman didalam Aquarium. Atau lebih mudah kalau kita sebut “Membuat taman dalam air”.

Berbeda dengan umumnya, membuat serta merawat aquascape bisa dibilang jauh lebih sulit. Karena kita harus memperhatikan ekosistem Aquarium agar selalu seimbang.

Termasuk kalau berbicara soal fauna atau ikan.

Kalau di Aquarium biasa kita bisa memilih ikan apa saja yang kita mau, di Aquascape kita harus memilih ikannya dengan lebih hati-hati.

Karena di Aquascape ini terdapat substrate (Pasir), tanaman, batu-batu dan lain-lain, yang bisa rusak oleh sebagian jenis ikan.

Dan jika Anda sedang mencari ikan apa yang cocok untuk Aquascape Anda, maka tidak perlu khawatir. Karena kebetulan saya sudah pernah merawat Aquascape beberapa waktu lalu, jadi cukup hapal daftar ikannya.

 

1. Neon Tetra

 

Neon Tetra
https://www.fishkeepingworld.com/neon-tetra/
Kalau membicarakan soal Aquascape, Neon Tetra adalah jenis ikan yang saya sukai. Ikan ini memiliki bentuk fisik kecil berwarna biru, bergerak bergerombol serta memiliki ciri khas terdapat garis lurus pada tubuhnya.
 
Ikan iini cenderung aman, karena tidak memakan tanaman. Bahkan jika Anda menanam tanaman jenis moss, maka Neon Tetra adalah pilihan terbaik.
 
Untuk harga ikan ini bervariasi setiap ekornya. Namun kurang lebih berkisar antara 1000 – 3000 rupiah per-satu ekornya.
 
 

2. Cardinal Tetra

 

Cardinal Tetra
liveaquaria.com
Namanya sekilas sama, bentuknya pun juga. Namun, perbedaan antara Neon Tetra dan Cardinal Tetra ini terletak pada garis tubuhnya. Neon Tetra hanya memiliki garis merah separuh tubuhnya, sedangkan Cardinal Tetra full / penuh.
 
Ikan ini juga termasuk jenis schooling alias bergerombol. Membeli diatas 15 ikan Cardinal Tetra, akan membuat Aquascape Anda jadi terlihat alami dan indah.
 
Untuk harga satuannya kurang lebih sama seperti Neon Tetra. Berkisar diantara 1000 sampai 3000 rupiah per-satu ekornya.
 
 

3. Ember Tetra

 

Ember Tetra
meethepet.com
Beda dengan dua jenis ikan sebelumnya, walaupun namanya mirip, Ember  Tetra memiliki warna badan berwarna orange cantik yang menutupi seluruh tubuhnya.
 
Ikan ini cukup disukai para penggemar Aquascape. Warnanya yang orange mencolok tersebut, akan menarik perhatian bagi orang-orang yang melihatnya. Apalagi ikan ini juga termasuk jenis schoolling fish.
 
Harga ikan ini berkisar antara 1000 sampai 3000 rupiah. Namun bisa jauh lebih murah kalau Anda membeli dalam jumlah banyak sekaligus (Tergantung toko ya).
 
 

4. Ikan Guppy

 

Ikan Guppy
guppyexpert.com
Ikan ini sangat umum kita temukan di pasar-pasar tradisional. Harganya juga termasuk murah, dengan kisaran 500 rupiah per-ekor.
 
Secara fisik, ikan guppy kebanyakan memiliki warna dan corak yang berbeda-beda. Ada yang dengan badan kuning dan ekor merah, ada juga yang warnanya berwarna putih kuning.
 
Dan jika kita membicarakan soal Aquascape, ikan Guppy ini juga cocok. Karena corak, bentuk dan warnanya yang cantik tersebut cukup menarik perhatian.
 
 

5. Sumatra Tiger Barb

 

Sumatra Tiger Barb
animal-world.com
Ikan bernama ilmiah Puntigrus tetrazona ini dulu pernah populer ditempat saya, dan saya juga pernah memeliharanya di Aquascape saya.
 
Dari segi bentuk, ikan ini punya badan yang pipih. Untuk coraknya terlihat sederhana, namun warna orange dan silver pada kulitnya terlihat cukup khas dan mencolok. Mirip ikan-ikan laut kurang lebih.
 
Tapi yang perlu diingat, ikan ini termasuk galak. Jadi kurang cocok untuk disatukan dengan ikan-ikan schoolling seperti Tetra atau Guppy. Juga tidak cocok jika disatukan dengan udang (Bisa dimakan nantinya).
 
 

6. Discus

 

Discus
www.discusguy.com
Sebelum Aquascape menjadi sebuah hobi yang terkenal seperti sekarang, para pecinta Disqus sudah lebih lama dulu ada. Ikan ini memang termasuk punya bentuk yang khas, cantik serta sangat menarik untuk dilihat.
 
Ikan ini termasuk tidak galak. Tapi kebanyakan Aquascaper lebih sering menaruh langsung semua Discus mereka didalam Tank, dengan kata lain tidak dicampur dengan jenis lain lagi. Tujuannya supaya mereka (Discus) bisa menjadi viewpoint utama dalam Aquascape.
 
Berapa harga Discus? Sayangnya jika Anda ingin membeli ikan ini, Anda harus siap-siap merogoh kocek agak dalam. Karena rata-rata satu ikan Discus, satu ekornya bisa mencapai harga diatas 300 ribu.
 
 

6. Siamese Algae Eater (SAE)

 

 

 
 
Siamese Algae Eater (SAE)
www.fishkeepingworld.com
Siaemese Algae Eater atau biasanya disebut SAE ini adalah ikan yang dikalangan pecinta Aquascape, terkenal sebagai pemakan Alga aktif. Terutama untuk tanaman-tanaman kecil seperti Anubias, Moss, daun Montecarlo dan lain-lain.
 
Ikan ini memiliki tubuh yang pipih, dengan warna silver dan corak hitam. Kepribadian ikannya termasuk tidak galak dan nggak sulit dirawat (Rata-rata cuma makan Alga saja).
 
Walau termasuk mudah dirawat, mencari SAE agak susah. Karena ikan ini selalu diburu pecinta Aquascape setiap ada seseorang menjualnya.
 
 

7. Chinese Algae Eater

 

Chinese Algae Eater
https://meethepet.com/chinese-algae-eater/
Chinese Algae Eater atau biasanya disebut CAE, adalah ikan lain yang selalu disanding-sandingkan dengan SAE. 
 
Ikan ini memiliki ciri tubuh berwarna kuning, dengan pergerakan yang bisa dibilang tidak terlalu cepat, dan tidak perlu lambat, tapi cenderung lebih suka diam di satu tempat (Mirip ikan sapu-sapu kurang lebih).
 
Dulu saya sempat coba memelihara ikan ini di Tank saya. Bisa dibilang ikannya tidak rewel, dan untuk pakan tambahan cukup beri pelet. Untuk harga ikannya rata-rata 10 sampai 15 ribu (Tergantung tempat).
 
 

8. Red Nose Tetra

 

Red Nose Tetra
https://meethepet.com
Kita bahas lagi soal tetra ya hehe. Untuk yang satu ini namanya Red Nose Tetra, dengan ciri khas yang bisa Anda lihat di gambar.. Yup, hidungnya berwarna merah.
 
Ikan ini berasal dari Amerika selatan. Ukurannya kurang lebih berkisar 5CM, dan punya sifat seperti jenis Tetra pada umumnya. Sehingga sangat cocok untuk dimasukkan kedalam Aquascape.
 
Oh ya, hidungnya memang mencolok. Tapi kalau cuma satu ekor akan terlihat kurang bagus. Jadi saya sarankan, langsung pelihara 5 sampai 10 ekor sekaligus kalau tertarik. Harganya sekitar 2000 rupiah satu ekornya.
 
 

9. Mini Puffer

 

Mini Puffer
meethepet.com
Mini Puffer secara bentuk fisik terbilang unik, mirip ikan buntal yang biasa kita temukan di air asin, namun dengan bentuk yang jauh lebih kecil.
 
Dan bukan itu saja, ikan ini termasuk ikan yang aktif dalam merawat ekosistem Aquascape juga, karena hobinya yang memakan keong hama didalam substrate dan dedaunan.
 
Dengan alasan itulah Mini Puffer sangat terkenal di kalangan pecinta Aquascape. Tidak heran juga, harganya bisa mencapai 50.000 per-satu ekornya.
 
 

10. Rasbora Galaxy

Rasbora Galaxy
www.aquariumfishparadise.com.au
Rasbora Galaxy biasanya disukai para penggemar Aquascape beraliran Dutch Style yang notabene punya warna tanaman beraneka ragam.
 
Tidak heran, karena warna dari ikan Rasbora Galaxy memiliki warna badan hitam, berbintik kuning, dan bersirip merah, sehingga bisa menarik perhatian meskipun berada didalam Tank bertemakan Dutch Style tadi.
 
Untuk harganya, satu ikan Rasbora Galaxy biasanya berkisar antara 8000 sampai 10.000 rupiah. Agak mahal memang, namun kalau tertarik saran saya juga lebih baik pelihara minimal 5 ekor. 

 

11. BrushMouth

 

BrushMouth
www.fishkeepingworld.com
Brushmouth, atau lebih populer disebut ikan sapu-sapu. Ikan yang menurut saya nggak perlu dibahas lagipun sudah pada tahu.
 
Beda dengan Aquarium biasa, sapu-sapu untuk Aquascape tentu punya spesifikasi tersendiri. Diantaranya coraknya menarik, dan ukurannya tidak terlalu besar (Karena cenderung suka merusak substrate).
Untuk harganya biasa ada di kisaran 3000 – 5000 rupiah. Namun jika jenisnya lebih spesifik dan cantik, biasanya bisa lebih mahal. 

 

12. Pinguin Balon

 

Pinguin Balon
liveaquaria.com
Entah apa yang harus saya tulis dalam bahasa Inggris. Ikan yang mudah ditemukan dipasar ini jadi rekomendasi selanjutnya.
 
Ikan ini juga termasuk dalam kategori ‘jenis damai’, alias tidak suka berantem. Jadi cocok kalau disatukan dengan jenis Tetra atau Guppy.
 
Untuk harganya, Pinguin Balon biasa dijual dalam kisaran 1500 rupiah.
 
 

13. Colombian Catfish

 

Colombian Catfish
www.seriouslyfish.com
Seperti namanya, ini ikan lele hehe. Tapi nggak salah kok, karena Colombian Catfish agak berbeda dengan jenis lele pada umumnya.
 
Kalau dilihat-lihat, ikan ini kurang lebih mirip Patin. Namun ukurannya yang kecil, akan sangat cocok dimasukkan kedalam Tank Aquascape bertema Natural Style.
 
Untuk harganya agak mahal. Satu Colombian Catfish berada di kisaran 15 ribu atau lebih.
 
 

14. Botia

 

 
Botia
Wikipedia

 

Ikan botia punya ciri khas badan agak bongsor dengan dua corak warna (Hitam dan kuning). Ikan ini termasuk terkenal di kalangan pecinta Aquascape.
 
Bukan itu saja, sejauh yang saya tahu ikan Botia juga cukup senang memakan keong-keong hama ukuran kecil yang mengganggu ekosistem. Jadi satu batu dua burung.
 
Untuk harganya berada di kisaran 5000 rupiah satu ekornya. Bisa lebih mahal tergantung toko.
 
 

15. Ikan Manfish

 

Ikan Manfish
Wikipedia
Di Aquarium biasa Manfish atau biasa kita sebut ikan layang-layang biasa disukai para anak-anak. 

Dan untungnya, untuk Aquascape ikan ini juga cocok untuk dimasukkan. Karena sifat alami ikan ini tenang dan bisa menyatu dengan berbagai jenis ikan lainnya.

Untuk harganya, di tempat saya berkisar 5000 rupiah satu ekornya. Walau belakangan ini sudah cukup langka untuk ditemukan.

 

16. Ikan Molly

 
Ikan Molly
https://aquariumtidings.com/molly-fish/
 
 
Kalau Anda penggemar ikan koki yang notabene tidak cocok dimasukkan kedalam Aquascape (Karena suka memakan tanaman), Anda bisa menggantinya dengan ikan Molly.
 
Ikan ini sangat mudah dikenali. Dengan bentuk tubuhnya yang gemuk, dengan warna putih dan memiliki corak hitam.
 
Harganya? Murah sekali. Biasanya 1 ikan Molly ada di kisaran 1000 rupiah saja.
 
 

17. Oscar Albino

 
Oscar Albino
makemyhobby.com
 
 
Ikan jenis Albino memang kadang dicari untuk disatukan dengan Tank Aquascape. Termasuk jenis Oscar Albino.
 
Jika Anda belum tahu soal ikan Oscar, ikan ini termasuk predator. Jadi sebenarnya kurang cocok kalau disatukan dengan ikan kecil atau udang (Mungkin lebih cocok disatukan dengan ikan jenis Tiger Barb).
 
Untuk harganya biasanya berada di kisaran 15 ribuan. Lumayan mahal ya?
 
 

18. Black Ghost

 
Black Ghost
blog.aquariuminfo.org
 
 
Ikan ini punya ciri unik. Warnanya hitam pekat dengan ekornya yang bergerak layaknya kapal sedang berlayar.
 
Ikan yang berasal dari Amazon dan Suriname ini sebenarnya kurang cocok dimasukkan kedalam Aquascape. Karena cenderung suka memakan tanaman. Lalu kenapa dimasukkan kedalam rekomendasi ini?
 
Jawabannya karena Black Ghost cocok-cocok saja dimasukkan kedalam jenis Tank Iwagumi, yang tidak begitu banyak tanaman didalamnya. Warna hitamnya akan menyatu nanti. Untuk harganya kisaran 10 ribuan ya.
 
 

19. Ikan Pedang

 
Ikan Pedang
www.theaquariumguide.com
 
 
Bukan ikan pedang yang biasa kita bayangkan ada di laut, ikan ini punya ciri fisik khas tonjolan panjang pada ekornya.
 
Ikan pedang, berasal dari Meksiko selatan dan sebenarnya masih satu keluarga dengan jenis Molly. Ikan ini termasuk tahan banting, jadi dijamin cocok dimasukkan dalam Aquascape.
 
Harganya sendiri bervariasi. Mungkin kisaran 5000 rupiah per-satu ekornya.
 
 

20. Ikan Platy

 
Ikan Platy
thesprucepets.com
 
 
Jenis ikan ini termasuk gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional. Mirip dengan Guppy dan ikan mas, dengan ciri khas yang gendut dan punya satu warna penuh (Biasanya merah).
 
Ikan ini punya pergerakan yang relatif lebih lamban dengan ikan sejenis. Walau begitu masih termasuk aktif. Jadi akan sangat cocok dimasukkan kedalam Tank jenis Natural Style.
 
Untuk harganya kisaran 2000 sampai 5000 rupiah. Rekomendasi saya beli lebih dari 5 ekor supaya menyatu.
 
 

21. Black Molly

 
Black Molly
fishkeepingadvice.com/black-molly-care/
 
 
Ikan ini masih satu kerabat dengan Molly. Ciri khasnya ada pada tubuhnya yang berwarna hitam legam.
 
Sekilas mungkin terlihat tidak menarik, tapi jangan salah. Di Tank Aquascape yang didominasi warna hijau, ikan Black Molly ini akan cukup menarik perhatian. Apalagi ikan-ikan lain kita kenal dengan coraknya yang berwarna warni.
 
Black Molly agak sedikit susah ditemukan di beberapa daerah. Untuk harganya sendiri ada di kisaran 3000 rupiah per-satu ekornya.
 
 

22. Kongo Tetra

 
Kongo Tetra
animal-world.com
 
 
Masih sekerabat dengan Tetra, ikan ini berasal dari Afrika.
 
Ciri khas ikan ini adalah tubuhnya yang kecil dan warnanya yang kuning. Warna tersebut akan mengkilap jika terkena lampu saat proses fotosintesis Aquascape.
 
Untuk harganya sendiri mungkin berkisar 3000 rupiah. Rekomendasi saya langsung beli agak banyak saja agar jadi Schoolling Fish.
 
 

23. Ikan Serpae Tetra

 
Serpae Tetra
animal-world.com
 
 
Serpae Tetra ini punya tubuh pipih dengan ciri khas dengan warna merah yang tidak begitu mencolok. Dan yang unik, terdapat sebuah bintik hitam didekat siripnya.
 
Ikan dengan nama latin Hyphessobrycon eques kalau kita lihat, mungkin sekilas mirip Tiger Barb. Namun tenang, beda dengan Tiger Barb, Serpae Tetra termasuk jenis ikan tenang dan damai.
 
Untuk harganya, jenis Tetra memang tergolong agak mahal. Untuk jenis Serpae Tetra berkisar 4000 sampai 5000 rupiah satu ekornya. Namun bisa berbeda tergantung daerah.
 
 

24. Ikan Killifish

 
Killifish
www.fishkeepingworld.com
 
 
Ikan ini luar biasa cantik. Dengan tubuhnya yang mirip Guppy, namun dengan tubuh, bentuk ekor, dan corak warna yang jauh lebih menarik perhatian.
 
Killifish bagi sebagian pecinta Aquascape memang jarang terdengar. Namun, saya sangat merekomendasikan ikan ini.
 
Untuk harganya siap-siap rogoh kocek ya. Satu ikan Killifish ada di kisaran 40 ribu sampai 50 ribu rupiah satu ekornya.
 
 

25. Ikan Rainbow Bosemani

 
Rainbow Bosemani
https://meethepet.com/boesemani-rainbow/
 
 
Bentuk tubuhnya sekilas mirip ikan mas. Namun sesuai namanya ‘Rainbow’, ikan ini memang punya corak warna merah, kuning, biru, hijau bergradiasi super cantik seperti pelangi.
 
Rainbow Bosemani ini kalau kita cari di pasar agak sulit ditemukan. Biasanya hanya tersedia di Toko Aquascape saja.
 
Untuk harganya berkisar 10 ribu rupiah satu ekornya.
 
 

26. Borneo Sucker

 
Borneo Sucker
www.tfhmagazine.com
 
 
Ikan ini masuk kedalam jenis Brushmouth alias ikan sapu-sapu. Namun beda dengan sapu-sapu biasa, Borneo Sucker punya ciri khas unik dengan tubuh berwarna coklat dan bintik-bintik putih pada tubuhnya.
 
Juga layaknya ikan sapu-sapu pada umumnya, Borneo Sucker tidak banyak bergerak ditempat. Jadi ikan ini lebih cocok untuk ditaruh pada Tank dengan desain tema yang terbuka (Agar lebih mudah terlihat).
 
Untuk harganya, di Tokopedia kisaran 10 ribuan. Mungkin di toko lokal tempat Anda bisa sedikit lebih mahal.
 
 

27. Ikan Zebra

 
Zebra
theguardian.com
 
 
Mirip ikan sepat (Entah apa namanya di daerah Anda), tapi dipercantik dengan corak berwarna biru khas layaknya seekor Zebra.
 
Ikan ini memang cukup banyak dicari. Bentuknya kecil, gerakannya sedikit lincah, akan membuat Aquascape Anda terasa jauh lebih hidup.
 
Tapi dengar-dengar kalau Anda punya anak udang (Seperti Red Cherry), Anda mesti hati-hati. Katanya sih suka digigit. Untuk harganya kisaran 3000 rupiah satu ekornya.
 
 

28. Otocinclus Affinis

 
Otocinclus Affinis
https://www.aquariumcarebasics.com/
 
 
Hampir saya kelupaan menaruh ikan ini dalam list. Padahal Otocinclus affinis termasuk ikan yang sangat populer di kalangan pecinta Aquascape.
 
Ikan ini masuk dalam kategori Alga Eater (Pemakan lumut). Dan bisa dibilang jauh lebih aktif ketimbang SAE atau CAE seperti yang kita bahas tadi. 
 
Karena banyak sekali yang mencarinya, ikan ini harganya meroket sekarang. Satu ekornya bisa mencapai 30 ribu rupiah (Bahkan lebih). Tapi untuk investasi keamanan alga, menurut saya oke-oke saja.
 
 

29. Ikan Lemon Cichlid

 
Lemon Cichlid
www.aquariumlife.net
 
 
Dari namanya, sudah ketahuan kalau ikan ini punya ciri khas warna kuning lemon menutupi seluruh tubuhnya.
 
Saya sendiri pernah memelihara ikan ini. Harganya berkisar 3000 rupiah satu ekornya. Karakteristik ikan ini selalu bergerak cepat. Sekalinya masuk kedalam Tank, akan susah sekali ditangkap lagi.
 
Tapi ikan ini tidak cocok dimasukkan kalau ada udang. Biasanya suka dimakan udangnya.
 
 

30. Neon Green

Neon Green
trinsfish.com
 
Ikan ini berasal dari Thailand dan Myanmar. Neon Green punya ciri khas tubuh berwarna hijau penuh yang notabene ikan lain jarang ada.
 
Sifatnya termasuk pendamai. Dan tubuh serta mulutnya yang kecil, membuat udang atau anakannya tidak bisa dimakan. Jadi pasti aman.
 
Untuk harganya bervariasi. Mungkin kisaran 2000 sampai 4000 rupiah satu ekornya.
 
 

Tips Memilih Ikan Yang Bagus Untuk Aquascape

 
Memilih ikan untuk Aquascape, tidak bisa asal seperti memilih ikan untuk Aquarium biasa. Kita harus mempertimbangkan sifat ikan tersebut agar tidak merusak ekosistem, maupun mengganggu fauna lainnya.
 
Pertama cek terlebih dahulu, apakah ikan tersebut memakan tanaman? Tujuan utama Aquascape ialah berkebun dalam air. Jadi ikan yang memakan tanaman seperti koki tidak cocok dimasukkan.
 
Kedua masalah sifat, sebisa mungkin pilih ikan yang pendamai. Terutama jika Anda ingin pelihara udang juga. Tapi jika mau memasukkan ikan bersifat galak, akan lebih baik agar dicampur juga dengan ikan sifat galak lain.
 
Ketiga, utamakan juga kuantitas ikan. Pilih ikan dengan bentuk kecil namun dengan jumlah banyak, Ini akan membuat Aquascape Anda terlihat alami, kecuali kalau Anda mau memelihara ikan Disqus.
 
 

Penutup…

 
Memilih dan mencari ikan Aquascape memang harus agak diperhatikan. Tujuannya agar ekosistem selalu terjaga, dan fauna lain juga nyaman dengan ekosistem tersebut.
 
30 rekomendasi ikan diatas saya harap bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin membuat sebuah Aquascape di rumah  Anda. Karena semua jenis ikan tersebut sudah saya pilah berdasarkan mana yang ‘bisa’ dan mana yang ‘tidak’.
 
Untuk membeli ikannya, saya sarankan untuk pergi ke toko ikan hias yang lengkap. Karena beberapa jenis ikan diatas ada yang sulit dicari.
 
Semoga bermanfaat.
Avatar

Ikan Pemakan Lumut | Membersihkan Kolam Tanpa Repot

Apapun ikannya, membersihkan kolam memang harus dilakukan beberapa waktu sekali, agar ikan yang kita pelihara bisa hidup dan berkembang biak dengan baik. Kotoran seperti...
Avatar Marfudinz
3 min read

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Singkat 2 Orang

Beda dengan dulu, di jaman sekarang ini sudah banyak orang yang mahir berbahasa inggris. Apalagi bahasa inggris juga saat ini banyak dijadikan persyaratan, untuk...
Avatar Marfudinz
3 min read

✓ 5 Cara Belajar Memainkan Pianika Untuk Pemula Sampai…

Pianika adalah salah satu alat musik populer di Indonesia. Terutama di kalangan anak-anak atau pelajar sekolah, karena sering sekali dimainkan. Bermain pianika juga relatif...
Avatar Marfudinz
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap