ideseya Berbagi ilmu berbagi kebaikan

√ 5+ Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Beserta Penjelasannya

2 min read

Penjelasan Teks Bahasa Indonesia

Apa itu teks? Teks atau tulisan memiliki fungsi yang bermacam-macam. Salah satunya sebagai media atau suatu cara memberikan penjelasan komunikatif.

Misalnya pada buku.. Tulisan yang ada pada buku juga bisa disebut teks.

Yang perlu dicatat, teks ini ada lumayan banyak jenisnya. Jadi bukan itu-itu saja. Bahkan mungkin beberapa belum kamu pelajari dengan guru di Sekolah.

Nah, di Bahasa Indonesia sebenarnya terdapat berbagai macam jenis teks. Namun disini saya akan menjelaskan beberapa saja.

1. Teks Deskripsi

Teks Deskripsi ini adalah jenis tulisan yang menggambarkan atau menjelaskan suatu object benda mati atau hidup. Tujuan dari Teks Deskripsi ini ialah agar penjelasan yang dibuat bisa komunikatif, hingga membuat pembaca bisa merasakan apa yang kita jelaskan.

Teks Deskripsi penting dipakai untuk berbagai kebutuhan. Misalnya dalam keperluan iklan, tulisan yang komunikatif bisa menjelaskan dengan baik suatu pembahasan produk.

Pada tulisannya, Teks Deskripsi memiliki struktur tersendiri. Yaitu:

  • Identifikasi: Pengenalan awal yang bersifat umum, dengan penjelasan yang yang rinci
  • Deskripsi: Setelah proses pengenalan suatu obyek selesai, mulai dilanjut ke pembahasan deskripsi. Deskripsi ini menjelaskan secara rinci suatu obyek, bahkan hingga dibuat subkategori (Pembahasan yang lebih spesifik).

Misalnya asya ingin membahas soal motor. Nah, untuk mendeskripsikan motor secara rinci, maka saya akan menulis juga soal ban motor, bahkan mesinnya.

2. Teks Prosedur

Teks Prosedur atau kalau dalam bahasa Inggris procedure text adalah tulisan yang berbentuk suatu prosedur, semacam langkah-langkah rinci untuk panduan ketika seseorang ingin melakukan sesuatu.

Teks Prosedur mudah dicontohkan. Misalnya resep cara membuat makanan, atau cara memperbaiki kipas angin, artikel yang dibuat menggunakan judul-judul semacam itu termasuk kedalam Teks Prosedur.

Dalam prakteknya, teks prosedur memiliki struktur seperti berikut ini:

  • Tujuan: Tujuan dari langkah-langkah yang ingin dibahas, atau goal akhir lebih tepatnya.
  • Bahan: Material-material yang dibutuhkan dalam langkah-langkah yang ingin dibahas. Contohnya ingin membuat makanan, maka bahan makanan apa saja yang dibutuhkan?
  • Langkah: Proses penjelasan dari prosedurnya.  Cara membuat nasi goreng, membuat bumbu serta menggoreng nasi adalah salah satu dari bagian langkah Teks Prosedur.

3. Teks Narasi

 

Teks Narasi ini merupakan suatu penjelasan suatu informasi yang memiliki runutan waktu, informasi, bahkan tempat dan penjelasan objek-objek yang ada didalamnya.

Teks Narasi umumnya ditemukan di tulisan-tulisan berbentuk cerita pendek (cerpen), novel atau tulisan-tulisan yang memiliki isi cerita fiktif (tidak ada hubungannya dengan kejadian nyata).

Teks Narasi merupakan hal yang umum ditemukan di sekolah-sekolah. Bahkan merupakan salah satu materi dasar dalam bahasa Indonesia.

Struktur dari Teks Narasi ini ada empat kalau kita bahas secara umum. Yaitu:

  • Orientasi: Awal dari penjelasan Teks Narasi. Biasanya menggambarkan cerita seperti tokoh, tempat, keterangan waktu hingga alur dari cerita tersebut.
  • Komplikasi: Informasi tentang pengenalan konflik atau suatu masalah dalam cerita. Strukturnya banyak muncul setelah orientasi.
  • Resolusi: Berisi tentang solusi dari akhir cerita. Ada dua jenis akhir cerita, kalau dijelaskan secara umum, happy ending dan bad ending. Akhir bahagia dan yang tidak.
  • Coda: Penjelasan tentang nilai-nilai yang ada pada cerita. Sehingga pembaca bisa mengambil pelajaran maupun hikmah-hikmah yang ada.

Kamu bisa coba baca contoh teks narasi jika ingin mendapatkan penjelasannya lebih rinci.

4. Teks Laporan

Teks Laporan umumnya dipakai oleh pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan suatu tugas. Isinya ialah penjelasan suatu objek berdasarkan pengalaman singkat pribadi sang pembuat teks. Tujuan dari Teks Laporan, adalah untuk bisa menyampaikan informasi-informasi yang diinginkan secara rinci kepada pembaca.

Untuk Teks Laporan ini juga memiliki struktur teks:

  • Klasifikasi: Isinya mengenai pengelompokan informasi-informasi umum.
  • Deskripsi: Menjelaskan informasi-informasi utama yang lebih rinci, yang biasanya dibagi juga menjadi beberapa sub kategori.

5. Teks Oposisi

Teks Oposisi ini merupakan tulisan karangan yang isinya memiliki informasi non-fiksi atau berdasarkan kejadian dan pengetahuan nyata. Teks Oposisi harus memaparkan informasi secara akurat, suatu kejadian terutama jika memang ingin disampaikan kepada pembaca.

Strukturnya Teks Oposisi seperti ini:

  • Tesis: Pengenalan informasi awal yang terdapat dalam tulisan
  • Argumentasi: Berisi inti informasi yang dibahas dalam tulisan
  • Penegasan: Penegasan inti-inti informasi yang terdapat dalam struktur Argumentasi

Akhir Kata

Begitulah penjelasan tentang 6 jenis teks dalam bahasa Indonesia. Pada dasarnya masih banyak penjelasan dan contoh-contoh lainnya, tapi yang saya bahas disini hanyalah versi singkatnya saja.

Kenapa? Alasannya supaya kamu bisa lebih memahami jenis-jenis teks ini, tanpa perlu pusing-pusing lagi membuka rangkuman-rangkuman yang ada di buku pelajaran kamu.

ideseya
ideseya Berbagi ilmu berbagi kebaikan

Bayar Pajak Kendaraan di Gerai Samsat Tangcity Tangerang

Bagi pemilik kendaraan Plat B Tangerang yang berdomisili di Tangerang Raya, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan sekarang dapat membayar pajak kendaraan...
ideseya ideseya
1 min read

Kode Remot TV Polytron + Cara Settingnya (Dijamin Work)

www.polytron.co.id Siapa yang nggak tahu Polytron? Merk ini termasuk ‘pemain lama’ bidang elektronik, utamanya speaker, TV, HP dan masih banyak lagi. Sekilas, mungkin Anda...
Avatar Marfudinz
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap