Perbedaan AM Dan PM | Jelas Dipahami + Keterangan Contoh

1 min read

Beda PM Dan AM



AM dan PM adalah dua istilah yang berhubungan dengan waktu. Tujuan utamanya yakni untuk membedakan waktu siang dan malam. Tapi apakah benar demikian?

Secara garis besar memang seperti itu. Namun AM dan PM jika kita definisikan lagi akan jauh lebih lengkap. Seperti yang Ideseya.com akan jelaskan disini.

Kepanjangan + Arti AM Dan PM

Seperti yang kita ketahui. 1 hari = 24 jam. AM serta PM disini pada dasarnya ialah untuk membagi 24 jam tersebut menjadi 2 bagian (12 jam + 12 jam atau biasa disingkat Sistem 12 Jam).
AM : Merupakan singkatan dari ante meridiem yang artinya sebelum tengah hari. Tengah hari disini maksudnya adalah pukul 12.00 siang, yang artinya AM adalah istilah untuk menunjukkan waktu tersebut.
PM : Merupakan singkatan dari post meridiem yang artinya setelah tengah hari. Waktunya sendiri menunjukan dari pukul 12.00 siang sampai pukul 12.00 malam.
Dalam penggunaan sehari-hari (Bahasa Indonesia), baik AM maupun PM kurang banyak dipakai. Tapi kita akan sering melihatnya kalau melihat di televisi. 
Termasuk juga jika Anda sedang belajar bahasa Inggris. Karena keterangan waktu dalam bahasa Inggris, disebut dalam AM dan PM.

Perbedaan Waktu Antara AM Dan PM

Perbedaan AM Dan PM DalaM Waktu
Kurang lebih sama seperti penjelasan sebelumnya. Intinya sebagai berikut : 
AM : Menunjukkan waktu antara pukul 12.00 malam sampai pukul 12.00 siang. Yang artinya sebagian besar waktunya berada di pagi hari.
PM : Menunjukkan waktu pukul 12.00 siang sampai pukul 12.00 malam atau sisa waktu dari AM. Sebagian besar waktunya berada di tengah hari, sore dan malam hari.
Pada dasarnya hanya begitu saja.

Tengah Malam : AM Atau PM?

Kalau dalam keseharian kita, jam diatas pukul 12.00 malam bisa dikatakan tengah malam. Namun jika menggunakan kedua istilah ini, maka akan masuk ke AM.
Lalu sebenarnya tengah malam itu AM atau PM?
Nah banyak pendapat soal pro kontra soal ini. Ada yang bilang diatas waktu AM itu menunjukan tengah malam, tapi ada juga yang bilang tengah malam itu maksimal 12.00PM.
Untuk mengatasi masalah tersebut, ada juga orang yang menggunakan format 24-jam dimana pukul 00.00 merupakan dimulainya hari. Dan pukul 11.59 merupakan tengah malam.

Kenapa Pakai AM Dan PM?

Contoh dalam bahasa Indonesia, kita kalau menyebut waktu misalnya “Jam 12 malam”, atau “Jam 12 siang”.
Nah, buat yang penasaran kenapa harus pakai AM atau PM, sebenarnya kurang lebih ini adalah definisi waktu.
Di negara berbahasa Inggris, mereka banyak menggunakan AM dan PM untuk menjelaskan waktu secara lengkap. “Jam 10 AM” berarti mendefinisikan jam 10 pagi.
Layaknya kita kalau bicara “Jam 10 kita pergi”, maka akan terasa ambigu. ‘Jam 10 siang atau malam?’. Maka dari itulah AM dan PM ini dipakai.

Darimana Pembagian Sistem 12 Jam Ini Berasal?

Kalau berbicara soal sejarahnya, ternyata pembagian sistem waktu 12 jam ini sudah ada sejak cukup lama. Misalnya pada jaman Mesopotamia dan jaman Mesir kuno. Romania juga begitu, mereka membagi waktu menjadi 12 Jam (Walau ada waktu yang bervariasi juga).
Dan lewat situlah sistem 12 jam ini populer dipakai di Negara dengan basis berbahasa atau berhubungan dengan bahasa Inggris. Selain Eropa, seperti Amerika, Pakistan, Malaysia dan lain-lain.

Penutup…

Perbedaan AM dan PM ini bisa dibilang seperti itu. Tapi kurang lebihnya mohon maaf, karena informasi yang saya dapat juga cukup terbatas.
Kalau ada yang kurang, silakan tambahkan. Anda bisa menggunakan kolom komentar yang kami sediakan dibawah.
Semoga bermanfaat.
Avatar

Apa Sih Arti Kata PABU? | Facebook, Instagram, WhatsApp

Ngomongin bahasa gaul memang nggak ada habis-habisnya. Apalagi kalau ngelihat perkembangan sosial media yang belakangan makin ramai dibicarakan. Banyak bahasa-bahasa trend baru bermunculan. Misalnya...
Avatar Marfudinz
39 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap